Saturday, June 27, 2009

AUDIT SISTEM INFORMASI/ TEKNOLOGI INFORMASI



AUDIT SISTEM INFORMASI/ TEKNOLOGI INFORMASI


To achieve your desired goals, you should regularly and consistently audit your processes

"Buku ini sangat membantu perusahaan maupun praktisi sebagai panduan praktis dalam mengembangkan Audit SI/TI”
(Epriliyono Budi, Direktur Keuangan PT Semen Padang/ Direktur Proyek ICTMP Semen Gresik Grup)


Bagi sebagian besar perusahaan keberadaan informasi dan teknologi yang mendukungnya merupakan aset yang paling berharga. Oleh karena itu, pengelolaan yang kurang tepat akan mengakibatkan dukungan terhadap proses bisnis yang kritis menjadi kurang maksimal. Pihak manajemen perlu memastikan bahwa kontrol internal atau kerangka kerja ditempatkan sesuai dukungannya terhadap proses bisnis sekaligus memberikan definisi yang jelas bagaimana tiap individu mengontrol aktivitas yang berlangsung. Kontrol tersebut dikembangkan untuk menyediakan jaminan bahwa Tujuan Bisnis akan dicapai dan kejadian resiko yang tidak diinginkan akan dapat dicegah, dideteksi dan dikoreksi.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa perusahaan telah memenuhi kontrol internal terkait dengan standar pengelolaan yang ada adalah dengan menyesuaikan Proses TI yang berlangsung dengan ketentuan yang didefinisikan dalam standar. Kepatutan tersebut menghasilkan kemungkinan-kemungkinan belum terpenuhinya pengelolaan proses yang optimal dengan tingkatan yang berbeda-beda di tiap perusahaan. Penilaian kepatutan umumnya dilakukan dengan audit.

Oleh karena itu pembahasan dalam buku ini menekankan pada pentingnya apa dan bagaimana audit Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) dilakukan. Buku ini juga dilengkapi dengan pengetahuan umum seputar pengelolaan TI yang dapat membantu pengaudit untuk lebih dekat terhadap objek yang akan diaudit nantinya.

Buku ini ditulis agar pembaca mendapatkan pemahaman mengenai konsep perencanaan dan pelasanaan audit SI/TI sehingga dapat membantu perusahaan mengetahui pemenuhan kondisi bisnisnya akan pemenuhan terhadap standar. Lebih lanjut, hasil rekomendasi audit dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan pengelolaan proses TI yang berlangsung agar sesuai pengelolaan yang standar.

Pembahasan buku ini disusun secara praktis agar buku ini dapat digunakan baik oleh pelajar, mahasiswa, pengaudit SI/TI dan Chief Information Officer (CIO) serta manajer perusahaan. Adapun penyusunan buku ini mengacu pada makalah-makalah praktis saat ini sehingga konsep dan kerangka kerjanya dapat digunakan secara optimal sebagai panduan dalam peningkatan pengelolaan Proses TI melalui audit SI/TI.

Adapun manfaat yang dapat diambil dari pengaplikasian konsep buku ini, antara lain : pemahaman akan perencanaan dan pelaksanaan audit SI/TI, penyusunan laporan dan rekomendasi hasil audit yang dapat ditindaklanjuti sebagai proses perbaikan pengelolaan proses yang berkelanjutan sehingga ke depannya keberadaan TI dapat mendukung bisnis dengan lebih baik.

6 comments:

  1. “Pada dasarnya aktivitas Audit dilakukan untuk perbaikan berkelanjutan dalam rangka pencapaian strategi bisnis perusahaan secara umum dan khususnya yang berkaitan dengan marketing. Buku ini dapat memberikan pemahaman konsep dan panduan bagi para praktisi dalam pelaksanaan internal dan eksternal Audit berbasis resiko terhadap Sistem dan Teknologi Informasi sehingga dapat diketahui lebih tepat value yang dapat dibangkitkan oleh investasi TI” (Hermawan Kartajaya, Founder and CEO MarkPlus Inc. dan President of World Marketing Association)

    ReplyDelete
  2. “Pada masa persaingan kreatifitas ini, TI sangat berperan dalam mendukung pengetahuan dan inovasi yang dimiliki institusi. Audit SI/TI berbasis resiko merupakan cara untuk mengetahui kedewasaan pengelolaan TI sehingga institusi dapat melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap pengetahuan yang dimiliki serta memacu inovasi agar lebih kompetitif. Buku ini secara tepat membahas Audit SI/TI berbasis resiko yang tentunya akan bermanfaat bagi para akademisi dan manajemen institusi untuk meningkatkan inovasi yang seharusnya dapat dihasilkan dengan keberadaan TI”
    (Prof. Ir. Priyo Suprobo, M.S., Ph.D., Rektor ITS)

    ReplyDelete
  3. “Ketergantungan operasional perusahaan terhadap SI/TI saat ini sudah sangat tinggi, namun demikian pengawasan yang lemah terhadap SI/TI yang berjalan dapat menjadi masalah tersendiri karena pada umumnya perusahaan terkendala dengan kompetensi sumber daya yang terbatas. Buku ini sangat membantu perusahaan maupun praktisi sebagai panduan praktis dalam mengembangkan Audit SI/TI”
    (Epriliyono Budi, Direktur Keuangan PT Semen Padang/ Direktur Proyek ICTMP Semen Gresik Grup)

    ReplyDelete
  4. “Perguruan Tinggi melaksanakan Tridarma yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Oleh karenanya kegiatan para civitas akademika diharapkan mampu menunjang kompetensi institusinya. Dalam rangka meningkatkan kompetensi ITS khususnya, Prof. Riyanarto berhasil menerbitkan bukunya tentang Audit SI/TI berbasis resiko yang bermanfaat sebagai referensi akademik sesuai kurikulum yang up to date serta berguna bagi para praktisi di pemerintahan dan dunia usaha”
    (Prof. Ir. Arif Djunaidy, M.Sc., Ph.D., Pembantu Rektor I ITS)

    ReplyDelete
  5. “Pemanfaatan teknologi secara umum dan khususnya TI di perusahaan seharusnya dianalisis secara sistematis melalui Audit SI/TI sehingga dapat diketahui potensi kelemahan dan kekuatan yang ada. Pembahasan yang praktis mengenai pelaksanaan Audit SI/TI dalam buku ini sangat membantu dalam memahami kerangka kerja audit mulai dari perencanaan hingga penentuan rekomendasi dari hasil temuan. Buku referensi ini penting untuk mengetahui pemahaman dasar Audit SI/TI bagi para akademisi dan praktisi pengelola organisasi” (Dr.Ir. Marzan A. Iskandar, Kepala BPPT)

    ReplyDelete
  6. “Sering kali dalam penerapan SI/TI di perusahaan, terjadi berbagai peristiwa dan insiatif yang berakhir pada semakin menjauhnya peranan serta kinerja SI/TI dari yang diharapkan. Salah satu pendekatan standar untuk menghindari resiko tersebut adalah dengan melakukan mekanisme audit. Buku ini secara lengkap memaparkan detil metodologi dalam melakukan kegiatan audit terkait dengan efektivitas penerapan SI/TI di perusahaan. Kehadiran buku referensi dengan tema dan konten yang sangat langka ini merupakan sumbangan pemikiran yang luar biasa bagi khazanah dunia pengetahuan di Indonesia”
    (Prof. Richardus Eko Indrajit, Ketua Umum APTIKOM)

    ReplyDelete